Sabtu, 27 September 2014

Perlengkapan Hubungan-Bagi

Pemasangan Perlengkapan Hubungan-Bagi PHB untuk Rumah Tinggal Yang Standar dan Ideal

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT29gH-boLenNLfJ0TGIb03B40srGwZMYARXKowTITOT9tXwDND
Panel PHB
PHB adalah kotak tempat pemasangan dan menghubungkan perlengkapan listrik seperti MCCB, RCCB/ELCB, dll dan tempat membagi group / sirkit akhir, tempat penyambungan Penghantar PE dan Gounding.

Memasang PHB
Sesuai PUIL 2000 :
6.2.1.1 PHB harus ditata dan dipasang sedemikian rupa sehingga terlihat rapi dan teratur dan harus ditempatkan dalam ruangan yang cukup leluasa.
6.2.1.2 PHB harus ditata dan dipasang sedemikian rupa sehingga pemeliharaan dan pelayanan mudah dan aman, dan bagian yang penting mudah dicapai.

PHB dipasang paling rendah 1,5 meter dan paling tinggi 2 meter.

Dengan ketentuan diatas PHB sebaiknya dipasang di tempat yang mudah dijangkau, mudah pelayanannya, aman dan ruang cukup leluasa, sekitar area garasi mobil atau di area yang tidak mencolok mata yang tidak mengganggu design interior ruangan.

PHB jangan dipasang di kamar tidur atau ruang – ruang yang sangat pribadi, alasannya sangat jelas yakni pada saat ada gangguan/Hubung singkat kalau PHB ada dikamar tidur akan menggangu orang yang lagi istirahat, itu belum lagi kalau pemilik kamar pergi keluar rumah dan kamar dikunci oleh pemilik kamar akan lebih menyulitkan dalam perbaikan listrik dirumah tersebut.


https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRx1ow3HB31LLfAsyXB49u5hiYW2LdOgEqzgP4M-Xc5ctWru3uf
Kotak Panel MCB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar