Kamis, 25 September 2014

Residual Current Circuit Breaker (RCCB) 30mA

Tahukah anda bahwa Mini Circiut Breaker (MCB) yang terpasang pada meteran listrik dan panel control MCB dirumah TIDAK melindungi manusia dari kematian pada saat tersengat aliran listrik. Lebih dari 70% kasus sengatan listrik berakibat fatal dalam instalasi rumah dibandingkan dalam industri. Gangguan listrik pada instalasi rumah lebih banyak disebabkan oleh gangguan isolasi dibandingkan gangguan hubung singkat dan gangguan beban lebih ,dimana kemungkinan arus bocor yang ada di peralatan sangat tinggi.
Hal ini disebabkan perawatan berkala pada instalasi dirumah jarang dilakukan dan kadang terabaikan. Padahal hal itu menjadi sumber bahaya pada orang orang yang kita kasihi dimana dalam kesehariannya sering melakukan kegiatan yang beresiko terhadap listrik. Contohnya : menyetrika , memasak, menggunakan blender , menggunakan hair dryer ataupun menggunakan mesin cuci.

Untuk itu dibutuhkan pengaman arus bocor yang akan melindungi manusia dari kemungkinan :

A. Kontak langsung
Resiko tersengat listrik bila langsung memegang kawat , kabel terkelupas atau penghantar steker. Kegiatan beresiko ini adalah pada saat memasukkan steker pada soketnya saat menggunakan setrika , blender , menggunakan hair drayer ataupun rice cooker.

B. Kontak Tak langsung
Peralatan yang mengalami gangguan isolasi dimana arus listrik melewati body peralatan yang terbuat dari besi tanpa pentanahan yang baik tanpa sengaja tersentuh. Contoh kabel listrik mesin cuci yang terkupas menempel ke bodynya tanpa kita ketahui , body mesin cuci itu sudah bertegangan dan tersentuh manusia sehingga sengatan listrik tidak bisa dihindarkan lagi.
Instalasi listrik perlu diberi Proteksi, yakni;

a. Proteksi terhadap kebakaran
Arus dengan besaran 500mA pada dua titik kontak dua logam bertegangan dapat menimbulkan percikan api
 
b. Prokteksi terhadap manusia.
Direkomendasikan memasang Residual Current Circuit Breaker (RCCB).

Residual Current Circuit Breaker (RCCB), adalah modul proteksi terhadap bahaya arus bocor yang terjadi pada peralatan listrik atau instalasi listrik sehingga terhindar dari resiko tersengat listrik maupun bahaya lain seperti kebakaran yang mengakibatkan resiko fatal bagi manusia.

RCCB memproteksi kebocoran arus pada maksimal 30mA yang merupakan batas aman manusia mampu menahan aliran listrik sehingga terhindar dari resiko yang fatal

Di negara-negara maju alat ini sudah merupakan komponen WAJIB di pasang pada tiap-tiap instalasi rumah.

RCCB adalah modul tambahan selain MCB standard yang terpasang di meteran listrik maupun di panel control di rumah.

Sayangi dan Lindungi keluarga Anda dari bahaya tersengat listrik dengan memasang RCCB dengan proteksi 30mA.

RCCB adalah semacam Circuit Breaker yang bereaksi lebih cepat dari MCB. Alat ini akan memonitor listrik sewaktu-waktu apabila terdapat short atau kabel terkelupas dan mengenai manusia, tidak mengakibatkan kematian.

Peralatan ini biasanya banyak dipakai pada perumahan dan bahkan industri kecil sampai sedang.

Batas arus yang melintasi manusia tidak boleh melebihi dari standard IEC.

Cara kerja dari peralatan ini adalah apabila arus yang melalui dari ring transformer tidak sebanding dengan output ring transformer (ada arus bocor melebihi batas yang ditentukan), secara otomatis akan menghentikan jalur listrik .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar